Elvia Rosantina, Ph.D : FEB UI Gandeng MA Mu’allimin NWDI Pancor dan Rumah Senja Gelar Workshop Citizen Sciences

TRIBUNLOMBOK.COM, LOMBOK TIMUR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Madrasah Aliyah Mu’allimin NWDI Pancor dan Lembaga Rumah Senja menyelenggarakan kegiatan workshop Citizen Science di Hotel Santika Mataram, Kamis (3/8/2023).

Pada workshop Citizen Science Batch 2 ini, dilatih 20 orang siswa MA Mu’allimin NWDI pancor sebagai citizen scientist dengan isu utama adalah pengelolaan sampah berbasis sekolah.

Output yang diharapkan adalah mereka mampu melatih siswa atau komunitas lainnya (train for trainers) untuk dapat mengimplementasikan pendekatan citizen science khususnya dalam implementasi kegiatan pengelolaan sampah berbasis sekolah.

Citizen Science merupakan sebuah pendekatan kepada masyarakat tentang kemampuan science untuk dapat berkolaborasi dengan peneliti profesional dalam melakukan kegiatan identifikasi masalah, pengumpulan data, analisa dan interpretasi data, formulasi solusi dan strategi implementasi, hingga kegiatan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan pendekatan pendekatan ilmiah/science.

Filosofinya adalah bahwa masyarakat dapat memiliki kapasitas untuk secara mandiri mengidentifikasi permasalahan di sekitarnya dan mampu merumuskan solusi jangka panjang dan berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Perwakilan Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Dr Elvia dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu usaha yang bertujuan membangun dan mengembangkan knowledge community, science society, dan community resillience yang diharapkan dimulai dari lingkungan sekolah.

Sehingga ke depan diharapkan solusi solusi atas permasalahan sosial dapat diselesaikan dengan solusi berbasis bukti (evidence based intervention) menggunakan pendekatan ilmiah/sience.

Perwakilan Lembaga Rumah Senja Romy Hidayat selaku designer workshop mengungkapkan bahwa kegiatan Workshop Citizen Science ini juga menjadi bagian dari sebuah upaya untuk memperkuat kemitraan berbagai pihak dalam rangka menuntaskan permasalahan aktual kontekstual yang ada di tengah masyarakat.

Harapannya tentu adalah bahwa nantinya akan terujud model kolaboratif integratif dalam implementasi program kegiatan berbasis bukti.

Ustadz Nayum sebagai pendamping siswa merasa sangat senang dapat dilibatkan dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini akan sangat mendukung sekolah untuk memperkuat dan mengembangkan program penyehatan lingkungan berbasis sekolah ke depannya khususnya dalam melakukan pendataan sebagai bahan baku perencanaan, intervensi dan monitoring evaluasi.

Kegiatan workshop kali ini adalah replikasi dari kegiatan serupa yang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Selaparang Inklusi dengan sasaran kegiatan adalah Karang Taruna Kecamatan Selaparang dalam memberdayakan lansis bekerja sama dengan Yayasan Rumah Senja.

Ke depan kegiatan ini akan terus dikembangkan dengan lebih banyak mengimplementasikan scoping issues dan juga lebih signifikan sasaran masyarakat.

Artikel ini telah tayang di TribunLombok.com dengan judul FEB UI Gandeng MA Mu’allimin NWDI Pancor dan Rumah Senja Gelar Workshop Citizen Science, https://lombok.tribunnews.com/2023/08/04/feb-ui-gandeng-ma-muallimin-nwdi-pancor-dan-rumah-senja-gelar-workshop-citizen-science#google_vignette.