Research Discussion “Flu Fallout : Information Production Constraints and Corporate Disclosure

Depok, 22 November 2023, Departemen Akuntansi mengadakan research discussion yang berjudul “Flu Fallout: Information Production Constraint and Corporate Disclosure.” Workshop ini disampaikan oleh Wang Rencheng, Ph.D yang merupakan Associate Professor of Accounting,
Singapore Management University pada hari Rabu, 22 November 2023.

Research Discussion ini secara umum membahas output dari research yang telah dilakukan oleh  Wang Rencheng, Ph.D  bersama koleganya dari Universitas ternama di Australia. Output tersebut tertuang dalam Journal Accounting Research Vol. 61. Issue 4 September 2023 Pages 1063 – 1108. Beliau mengawali research discussion ini dengan menampilkan berbagai macam pertanyaan research yang telah ia dan koleganya lakukan. Salah satunya adalah How do a firm’s information production constration affect its disclosure?. Selain itu beliau menceritakan berbagai view dalam research tersebut, seperti short run forecast, long run fore cast, Probability of generating low-quality frecasts, forecast issuance, reputation loss or issuing low-quality forecasts, and reduction in internal information quality.

Dalam melakukan riset tersebut dia membagi metode risetnya menjadi lima bagian. Bagian pertama adalah empirical design di mana lebih banyak membahas bukti bukti ril yang mendukung teori yang ia riset. Kedua adalah validation tests, beliau menekankan bahwa hal ini penting untuk dilakukan dalam mendeteksi reporting lag and misreporting. Bagian ketiga adalah forecast issuance, dalam melakukan forecast ini banyak sekali hal yang dilakukan, seperti menentukan baseline evidence, timing for announcing evidence, dan other cross sectional evidence. Bagian terakhir, beliau bercerita bahwa ada beberapa tes tambahan yang dilakukan, tes tersebut meliputi population density, MSA-level flu data, managerial mood, frequency of forcast, dan weather conditions.

Di akhir research discussion terdapat QnA Session. Selain itu, beliau membuka mini information session dan memberikan saran kepada para mahasiswa untuk dapat melanjutkan Ph.D di Singapore Management University. Beliau juga menjelaskan berbagai macam benefit termasuk scholarship Ketika berkuliah di sana.