Research Discussion by Prof Patrick E. Hopkins

Depok, 19 September 2023, Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Research Discussion dengan materi “Research Design Consideration for Conducting Experiments Intended to Meaningfully Address Audit and Financial Reporting Issues” yang dibawakan oleh Professor Patrick E. Hopkins yang merupakan Conrad Prebys Professor Executive Associate Dean, Kelley School of Business Indiana University Bloomington pada Hari Selasa 19 September 2023. Research discussion ini diadakan di  Ruangan Istama, Departmen Akuntansi, Kampus UI Depok.

Professor Patrick E. Hopkins mengawali presentasinya dengan pertanyaan Why conduct empirical accounting research? sebagai pemantik dalam memberikan wawasan berharga mengenai pentingnya penelitian akuntansi empiris dan bagaimana hal itu dapat membantu para mahasiswa dan dosen memahami pengaruh berbagai faktor terhadap informasi akuntansi. Ini juga mencakup contoh penelitian terbaru yang menyelidiki pertimbangan auditor dengan rilis pendapatan auditnya. Beliau menyoroti pentingnya ketepatan dalam mengidentifikasi dan mendefinisikan konstruksi akuntansi yang menarik. Beliau juga menekankan perlunya kelengkapan dalam mengidentifikasi teori yang dapat menjelaskan atau memprediksi dampak terhadap hasil yang diamati.

Beliau mengakhiri diskusi dengan menekankan pentingnya penelitian empiris dalam meningkatkan standar akuntansi dan struktur peraturan. Hal ini menyoroti perlunya peneliti merancang dan melaksanakan eksperimen yang informatif dan valid secara internal. Beliau memberikan contoh studi yang menyelidiki pertimbangan auditor terkait dengan rilis pendapatan dan menjelaskan bagaimana studi tersebut memberikan contoh nyata praktik terbaik dalam merancang dan melaksanakan eksperimen informatif.

Secara keseluruhan, pada Research Discussion ini,  Professor Patrick E. Hopkins memberikan wawasan berharga mengenai pertimbangan desain penelitian untuk melakukan eksperimen terkait masalah audit dan pelaporan keuangan. Ini menyoroti pentingnya penelitian empiris dan memberikan tip praktis untuk merancang dan melaksanakan eksperimen informatif.