Academic Talk Prof Adi Masli, Ph.D

Depok, 06 September 2023, Program Studi Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengadakan Academic Talk dengan materi “Journeying through the Research Paper: Best Practices and Avoiding Traps” yang dibawakan oleh Prof. Adi Masli, Ph.D. yang merupakan Koch Foundation Professor, Accounting Academic Area, School of Business, The University of Kansas pada hari Rabu, 06 September 2023 di Ruangan Istama Lantai 2 Gedung Departemen Akuntansi, Depok, Jawa Barat.

Beliau mengawali Academic Talk ini dengan menceritakan latar belakang Pendidikan beliau mulai dari sarjana hingga program doctoral di University of Arkansas. Beliau juga menceritakan pengalaman beliau mulai dari asisten professor hingga menjadi full professor di tahun 2022. Hingga saat ini beliau memiliki lebih dari 40 publikasi, walaupun begitu dalam perjalanan karirnya beliau telah mengalami lebih dari 100 penolakan dari berbagai jurnalnya. Beliau bercerita bahwa suka duka selama menjalani research, mulai dari keiingintahuannya, hingga proses peer review yang tidak sempurna.

Dalam Academic Talk ini, beliau menyampaikan bagian-bagian penting research paper untuk mengembangkan isi jurnal sehingga jurnal dapat diterima. Beliau menekankan pentingnya menulis paragraph-paragaraf pada cover letter, abstract, penulisan judul, kualitas penulisan serta struktur-struktur penulisan yang ideal.

Di akhir workshop beliau juga memberikan saran kepada para mahasiswa Pascasarjana Ilmu Akuntansi untuk menulis research paper dengan benar berdasarkan beberapa tips dan trik yang telah ia sampaikan karena hal tersebutlah yang diharapkan akan membantu para mahasiswa dalam menulis research paper mereka.