Workshop Penjabaran KKNI Program Studi S1 Akuntansi ke dalam Kurikulum dan SAP oleh Departemen Akuntansi FEB UI untuk Perguruan Tinggi se-Indonesia

Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi di Indonesia, Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), mengadakan Workshop Penjabaran Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Program Studi S1 Akuntansi ke Dalam Kurikulum dan Satuan Acara Pengajaran (SAP) pada tanggal 19-20 Oktober 2016 di Pusat Sumber Belajar FEB UI, Depok.

Kegiatan workshop ini ditujukan untuk para pendidik professional di bidang akuntansi di tingkat perguruan tinggi. Kegiatan workshop diikuti oleh kurang lebih 40 peserta dari perguruan tinggi se-Indonesia yang diantaranya adalah para dosen akuntansi dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Universitas Udayana, Denpasar, dan Universitas Brawijaya, Malang. Dengan workshop ini, para pendidik diharapkan mampu melakukan penyusunan kurikulum, menetapkan capaian pembelajaran, menyusun alur capaian pembelajaran, melaksanakan pembelajaran berdasarkan strategi pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning – SCL) dan merancang serta melaksanakan penilaian dalam pembelajaran.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari penuh ini menggunakan metode active learning. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan diskusi kelompok dan menyiapkan presentasi pleno dan dipandu oleh para fasilitator dan narasumber yang berpengalaman dari UI. Menurut Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, penggunaan metode active learning  dalam workshop ini tidak hanya bermanfaat untuk memacu kreatifitas peserta selama melaksanakan tugas-tugas yang diberikan fasilitator, tetapi juga dapat memberikan gambaran umum tentang pelaksanaan metode Student Centered Learning.

Para peserta memberikan feedback positif mengenai metode simulasi dan manfaat yang diperoleh dari workshop. Departemen Akuntansi FEB UI pun masih bersemangat untuk dapat menyelenggarakan workshop selanjutnya dengan topik-topik yang bermanfaat bagi perguruan tinggi se-Indonesia di masa yang akan datang.

10 11 13

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *