Teaching Assistants’ Capacity Building 2016 Departemen Akuntansi FEB UI di Citarik, Sukabumi

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan internalisasi asisten pengajar, Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), mengadakan Teaching Assistants’ Capacity Building pada tanggal 29-30 Oktober 2016 di Citarik, Sukabumi.

Sesuai  dengan visi Departemen Akuntansi FEB UI, yakni menjadi salah satu jurusan akuntansi terbaik di Asia, asisten pengajar tidak hanya menjadi pihak yang berperan penting dalam kegiatan belajar-mengajar, namun juga diharapkan menjadi lulusan yang mampu bersaing secara global dan memimpin pengembangan ilmu dan praktik akuntansi di Indonesia dan hasilnya bermanfaat global. Menurut Ketua Departemen Akuntansi, Ibu Dr. Ancella Anita Hermawan, kegiatan capacity building ini dapat meningkatkan motivasi dalam mengajar, meningkatkan sense of belonging kepada Departemen Akuntansi FEB UI, mengembangkan jiwa kepemimpinan, memperkuat kerjasama dalam tim, dan memacu kreativitas dalam memecahkan suatu masalah.

Kegiatan yang diadakan selama dua hari penuh ini diikuti oleh tenaga pendidik dan seluruh asisten pengajar Departemen Akuntansi yang masih aktif mengajar. Pada hari pertama, asisten pengajar diberikan pelatihan kompetensi dan internalisasi berupa kegiatan-kegiatan outbound yang melatih kemampuan fokus, semangat tim, integritas dan konsentrasi, problem solving, dan kolaborasi dan kreativitas. Kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan pembahasan poin pembelajaran dengan diskusi terbuka oleh Ibu Ancella dan seluruh asisten dosen. Diskusi tersebut menghasilkan masukan yang membangun untuk peningkatan proses pembelajaran mahasiswa, proses pengajaran oleh asisten pengajar, dan Departemen Akuntansi secara umum. Sedangkan pada hari kedua, seluruh peserta capacity building diberikan kegiatan yang memberikan tantangan individu dan tim. Pada kegiatan tersebut, seluruh asisten pengajar dan tenaga pendidik yang berpartisipasi tidak hanya dapat mengaplikasikan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan, namun juga memperkuat kerjasama dalam tim.

Kegiatan capacity building ini ditutup dengan pemberian award bagi peserta teraktif dan tim terbaik. Seluruh peserta acara merasakan manfaat dari kegiatan ini. Acara ini membuat asdos merasa lebih dekat dengan Departemen Akuntansi,” ujar Chrissena Novendy Putra, asisten pengajar mata kuliah Pengantar Akuntansi, mahasiswa angkatan 2013.

15

16
14

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *