Kerja Sama FEB UI – PT Accenture Indonesia

(26/1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI resmi menjalin kerja sama dengan PT Accenture Indonesia. Hadir dalam acara penandatanganan yang diselenggarakan di Gedung Dekanat FEB UI adalah Ibu Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Accenture Indonesia, Nia Sarinastiti (Marketing Communication Senior Manager), Fini Margarina (HR Manager), Dewi Velayeni (Recruitment Lead), Ratih Sesa Putri (Campus Recruiter), Tio Hermanto (Recruitment Marketing Specialist), Bella Chyntiara (Management Consulting Analyst), Prof. Ari Kuncoro (Dekan FEB UI), Dr. Ancella A. Hermawan (Ketua Departemen Akuntansi FEB UI), dan para pimpinan FEB UI.

Dalam pidatonya, Dekan FEB UI menyampaikan bahwa terdapat pergeseran paradigma di mana lembaga pendidikan tinggi harus meningkatkan relevansi dengan dunia praktik. Sehingga dalam proses pembelajaran, pendidikan tinggi diharapkan mampu melibatkan industri dalam pengembangan kurikulum. Globalisasi memperbesar tantangan yang harus dihadapi oleh dunia pendidikan. World Trade Organization (WTO) mengkategorikan pendidikan sebagai jasa, sehingga pendidikan terbuka bagi persaingan global, seperti MEA dan TPP. Menjalin kerja sama dengan industri adalah salah satu upaya yang ditempuh oleh FEB UI untuk meningkatkan keterkaitan kurikulum dengan dunia praktik dan mempersiapkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di dunia global.

Accenture adalah perusahaan global yang memiliki lebih dari 350,000 karyawan di seluruh dunia. Sebagai salah satu pemain besar dalam industri jasa konsultasi bisnis, Accenture Indonesia menyambut baik kerja sama dengan FEB UI. Pada pidatonya, Ibu Neneng Goenadi menyampaikan bahwa kerja sama ini adalah salah satu bentuk dari imbal balik Accenture Indonesia kepada masyarakat. Terkait dengan kualitas lulusan, Ibu Neneng menyampaikan bahwa dirinya puas dengan lulusan FEB UI. Hal ini tercermin pada kebijakan perusahaan yang ia pimpin, bahwa hanya lulusan dari tiga univeristas di Indonesia yang mampu menempati posisi sebagai management consulting analyst, lulusan dari UI adalah salah satunya. Ibu Neneng menambahkan bahwa saat ini terdapat lima mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi FEB UI yang mengikuti Women’s Mentoring Program selama satu semester untuk menerima pembekalan terkait keberhasilan di dunia kerja. Ibu Neneng berharap kerja sama dengan FEB UI, yang di antaranya meliputi program pengembangan kurikulum, guest lecturing, dan magang, mampu berjalan dengan lancar dan berkesinambungan sehingga mendukung upaya Accenture Indonesia dalam meningkatkan kualitas lulusan. Pada akhirnya, dirinya berharap lulusan-lulusan unggul tersebut dapat berkontribusi pada bangsa melalui keberhasilannya dalam melaksanakan proyek-proyek Accenture di seluruh dunia.

 

IMG_8930IMG_8920IMG_8939

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *