Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Bersama Universitas Teknologi MARA (UiTM) Malaysia Gali Potensi ‘Co-Authorship’ Publication

Pada Kamis (29/9/2016), bertempat di Ruang Djokosoetono, Gedung Dekanat FEB UI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia), Departemen Akuntansi FEB UI bersama Accounting Research Institute (ARI) UiTM menyelenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan “Co-authorship Publication Workshop” dalam rangka menggali potensi kolaborasi publikasi berskala international. Kerjasama ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan aktivitas penelitian dari dosen akuntansi, namun juga untuk dapat memperbanyak publikasi di jurnal-jurnal terindeks scopus dengan peringkat tinggi (Q1-Q4).

“Pengembangan riset adalah langkah yang paling efektif agar Universitas Indonesia dapat menyetarakan diri dengan universitas ternama di negara maju. Bentuk kerjasama ‘Co-authorship’ dengan universitas luar negeri ini adalah upaya yang pertama kali bagi UI yang harus didukung untuk menghasilkan lebih banyak publikasi internasional,” tutur Dekan FEB UI.

Acara workshop dimulai dengan penandatanganan PKS tentang Student and Academic Staff Mobility oleh Prof. Dr. Normah Omar, Director of ARI UiTM, dan Prof. Ari Kuncoro PhD, Dekan FEB UI. PKS ini mencakup tentang program pertukaran mahasiswa, kuliah tamu, kerjasama penelitian, konferensi, seminar, dan pertemuan akademik lainnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi paper, diskusi kemungkinan co-authorship, dan networking sehingga menghasilkan draf daftar nama dosen kandidat kolaborasi publikasi dari kedua pihak. Kolaborasi publikasi yang sudah diidentifikasi untuk dilaksanankan dalam waktu dekat meliputi banyak bidang penelitian akuntansi diantaranya adalah kriminologi keuangan syariah, keuangan mikro dan sektor publik, akuntansi akrual, tata kelola, dan perpajakan.

“Penelitian dalam bidang kriminologi keuangan syariah adalah area penelitian yang sedang berkembang dan akan sangat disayangkan sekali jika Indonesia dan Malaysia melewatkan potensi besar untuk bekerjasama dalam bidang tersebut,”ujar Prof Normah Omar.

Kerjasama dengan institusi riset berkelas internasional akan memperluas jaringan publikasi Departemen Akuntansi. ARI UiTM adalah salah satu institusi riset akuntansi berskala internasional dan yang terbaik di Malaysia yang mengkoordinasikan delapan pusat penelitian, yakni Asian Management Accounting Research Centre (AMARC), Financial Reporting Research Centre (FRRC), Corporate Governance Research Centre (CGRC), Public Sector Accounting Research Centre (PSARC), Asia-Pacific Sustainability Research Centre (APCeS), Asia-Pacific Forensic Accounting Research Centre (AFARE) dan Islamic Accounting and Muamalat Research Centre (IAMRC). Diharapkan pada masa yang akan datang, Departemen Akuntansi FEB UI dapat mengandeng institusi penelitian internasional lainnya dalam upaya memperbanyak publikasi di jurnal-jurnal ternama internasional.

7

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *