Joint Degree Program in Accounting and Data Analytics Jadi Program Unggulan Kolaborasi FEB UI dan Kelley Business School IU, Amerika Serikat

Joint Degree Program in Accounting and Data Analytics Jadi Program Unggulan Kolaborasi FEB UI dan Kelley Business School IU, Amerika Serikat

Depok, 30 April 2024. Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) siap menjalankan kerja sama dengan Kelley Business School (KBS), Indiana University (IU), Amerika Serikat. Komitmen kedua belah pihak ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent oleh Ash Soni, Dean Kelley Business School IU, dan Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FEB UI, Arief Wibisono Lubis, Ph.D.

Kelley Business School berada di peringkat 8 untuk Best Undergraduate Business Program dan peringkat 20 untuk Best Graduate Business Program di Amerika Serikat berdasarkan U.S. News & World Report Best Colleges 2024. Sekolah ini juga termasuk dalam Top 10 sekolah bisnis di dunia untuk produktivitas dan impact penelitian berdasarkan UT-Dallas Top 100 Business School Research Rankings.

Kerja sama akademik FEB UI dan KBS IU akan diimplementasikan pada beberapa program. Program utama adalah Joint Degree Program antara Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UI dan Master of Science in Accounting and Data Analytics KBS IU. Berdasarkan pemeringkatan 2024, master program Akuntansi KBS menempati peringkat 10 di Amerika Serikat. Program ini mengintegrasikan pengetahuan dan keahlian akuntansi dengan data analytics.

Program lainnya adalah Student Exchange-Immersion Program untuk undergraduate dan graduate program, dan Accelerated Master Program di KBS bagi mahasiswa S1 FEB UI. Dalam Accelerated Master Program, mahasiswa UI dapat melanjutkan kuliah di KBS di tahun ke-4 dan langsung menyelesaikan master degree. Artinya, mereka berkuliah S1 selama 3 tahun di UI, kemudian 2 tahun mengambil mata kuliah S2 di IU untuk kemudian mendapatkan gelar S1 dan S2 sekaligus.

Adapun double degree program bagi mahasiswa jenjang S1 (Kelas Khusus Internasional) akan dieksplorasi lebih jauh. UI akan menjadikan perkuliahannya sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa di Kelley (overseas concentration). Selain itu, kedua pihak akan melaksanakan Faculty Exchanges Program yang memfasilitasi perwakilan fakultas dari KBS untuk datang ke FEB UI, begitu pula sebaliknya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik UI, Vita Silvira, S.E., Ak., MBA., CA., yang turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung pada Kamis (18/4) di Bloomington tersebut, mengatakan bahwa kerja sama antara FEB UI dan KBS IU membuka kesempatan bagi mahasiswa di kedua kampus untuk memperluas ilmu dan pengalaman. “Ini kesempatan yang bagus bagi mahasiswa kita untuk menimba ilmu di luar. Pembelajaran di UI dan Kelley Business School tentu memiliki metode tersendiri. Oleh karena itu, kolaborasi ini dapat menjadi sarana bagi kita untuk berbagi pengetahuan,” ujarnya.

Pertemuan kedua pihak tersebut turut dihadiri perwakilan masing-masing. Perwakilan FEB UI terdiri atas Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Vid Adrison, Ph.D; Ketua Departemen Akuntansi, Yulianti Abbas, Ph.D; dan Ketua Program Kelas Khusus Internasional, Dr. Isfandiarni. Adapun perwakilan dari KBS IU, antara lain Executive Associate Dean for Academic Programs, Patrick Hopkins; Associate Dean for Academics, Joshua E. Perry; dan Undergraduate Program Faculty Chair, Bridget Stomberg.

###

Dra. Amelita Lusia, M.Si., CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media Contact: Finda Salsabila, M.A.

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id: 08151500-0002)

Sumber: https://feb.ui.ac.id/2024/04/30/joint-degree-program-in-accounting-and-data-analytics-jadi-program-unggulan-kolaborasi-feb-ui-dan-kelley-business-school-iu-amerika-serikat/