FEB UI Jalin Kerja Sama dengan Indiana University Bloomington untuk Internasionalisasi Menuju Triple Crown Accreditation

EB UI Jalin Kerja Sama dengan Indiana University Bloomington untuk Internasionalisasi Menuju Triple Crown Accreditation

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (24/4/2024) Sebagai upaya internasionalisasi untuk mempersiapkan triple crown accreditation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menjalin kerja sama dengan Indiana University (IU). Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Indiana University dan Universitas Indonesia oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., dan President Indiana University Bloomington Pamela Whitten, berlangsung di kampus Indianapolis, Rabu (17-18/4). Penandatanganan diikuti dengan diskusi kerja sama antara FEB UI dengan beberapa sekolah terkemuka di IU, yaitu Kelley School of Business, O’Neill School of Environmental Affairs dan School of Education.

Kerja sama antara FEB UI dan Indiana University Bloomington akan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan akademik, seperti pengembangan program double degree, mobilitas internasional baik mahasiswa dan dosen, kerjasama penelitian dan kolaborasi akademik lainnya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pengembangan institusi khususnya FEB UI.

Turut hadir pula pada acara tersebut, Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FEB UI Arief Wibisono Lubis, Ph.D. Arief menyampaikan, “dengan adanya Kerjasama dengan Indiana University Bloomington ini merupakan langkah strategis untuk membantu FEB mencapai the last crown accreditation EQUIS sehingga portofolio internasionalisasi FEB semakin bagus. Terlebih Indiana University masuk dalam 20 universitas negeri terbaik di Amerika Serikat.”

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Departemen Akuntansi FEB UI Yulianti Abbas, Ph.D. mengatakan, “Indiana University Bloomington sebagai salah satu universitas terkemuka  di Amerika Serikat dan terdepan dalam bidang riset. Kolaborasi ini tentunya membuka berbagai peluang pengembangan bidang pendidikan dan riset bertaraf internasional dan meningkatkan kredibilitas FEB UI di kancah internasional.”

Penandatangan MoU dihadiri oleh perwakilan Rektorat UI, yaitu Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Ph.D; dan Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan dan Logistik Vita Silvira, MBA. Selain itu, perwakilan FEB UI, yakni Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Arief Wibisono Lubis, Ph.D; Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Vid Adrison, Ph.D; Ketua Departemen Akuntansi Yulianti Abbas, Ph.D; dan Koordinator S-1 Kelas Khusus Internasional Isfandiarni, Ph.D.

Adapun perwakilan dari Indiana University Bloomington terdiri dari President Pamela Whitten; Indiana University Indianapolis Chancellor Latha Ramchand; Indiana University Bloomington Provost Rahul ShrivastavVice President for International Affairs Hilary KahnExecutive Associate Dean for Academic Programs Kelley Business School Pat HopkinsExecutive Associate Dean O’Neill School of Public and Environmental Affairs Brad HeimDean School of Education Stacy MorroneDean Hamilton Lugar School of Global and International Studies John CiorciariAssociate Vice President for International Affairs Miguel Ayllon; dan pimpinan unit lainnya.

 

***

Tentang FEB UI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia merupakan salah satu dari 14 fakultas di bawah Universitas Indonesia (UI). FEB UI telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan kebijakan dan kemajuan ekonomi Indonesia sejak didirikan pada tahun 1950. FEB UI memiliki enam lembaga penelitian, konsultasi, dan pelatihan yang telah memainkan peran utama dalam terus membangun negara, industri, dan masyarakat. Terdapat dua kampus yang berlokasi strategis di ibu kota Indonesia, yang memungkinkan kerja sama yang lebih erat dengan pemerintah pusat dan nasional, serta kantor pusat bisnis internasional untuk kegiatan pelatihan kolaboratif dengan industri dan lembaga pemerintah.

Tentang Indiana University Bloomington

Indiana University masuk dalam 20 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki sembilan kampus dengan 980 program akademik. Kesembilan kampus tersebut adalah flagship campus di Bloomington, dan kampus lainnya di Indianapolis, Columbus, East, Fort Wayne, Kokomo, Northwest, South Bend, dan Southeast.

Sumber: https://feb.ui.ac.id/2024/04/24/feb-ui-jalin-kerja-sama-dengan-indiana-university-bloomington-untuk-internasionalisasi-menuju-triple-crown-accreditation/