Kuliah Tamu Akuntansi FEB UI dengan Kejora Ventures, “Company Valuation and Analysis”

FEB UI dan Kejora Ventures Gelar Kuliah Tamu Akuntansi: “Company Valuation and Analysis”

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK (25/3/2023) – Eri Reksoprodjo, S.E., M.B.A. selaku Managing Partner Kejora Ventures mengisi Kuliah Tamu Teori Akuntansi Keuangan dan Analisis Valuasi Bisnis dengan tema “Company Valuation and Analysis” pada Sabtu (25/3) di Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Mengawali paparannya, Eri mengatakan, “Valuasi menaksir nilai ekonomi dari semua bagian bisnis untuk digunakan di sejumlah keadaan. Maka itu, dalam hal ini, value atau nilai merupakan dimensi pengukuran pada ekonomi pasar.”

Menurut pandangannya, valuasi yang baik adalah jembatan antara cerita dan angka, yakni setiap angka memiliki cerita di baliknya dan setiap cerita harus memiliki angka yang menyertainya.

“Setiap valuasi dimulai dengan narasi, sebuah cerita yang dilihat akan berkembang untuk perusahaan di masa depan. Pada prosesnya, perlu ada penilaian terhadap perusahaan tersebut, mulai dari sejarah, manajemen, produk, pasar, persaingan, dan lingkungan makronya di mana mereka beroperasi,” ungkapnya.

Eri pun membagikan lima langkah untuk mengolah sebuah cerita hingga terbentuk angka valuasi, serta beberapa metode untuk menghitung valuasi dengan angka, yakni Discounted Cash Flow (DCF) dan Comparable.

Selain itu, ia memaparkan case study dari beberapa perusahaan, di antaranya Knight-Swift, SPAC Companies, dan Tesla, agar mahasiswa lebih memahami dan menguasai pembelajaran secara lebih kontekstual.

Akhir kata, Eri membagikan key takeaways dari valuasi, yakni (1) kombinasi antara fakta dan potensi, jadi valuasi tidak hanya merekam masa lalu, tetapi bisa meramalkan masa depan pula; (2) persepsi itu penting, valuasi yang baik membutuhkan narasi untuk menyatukan setiap angka tersebut; (3) mengidentifikasi key levers, menekan tombol yang tepat akan meningkatkan valuasi pada waktu yang tepat; serta (4) menangkap nilai, capital gain yang terealisasi adalah hal utama, proses ini dilakukan saat terjadinya likuiditas.