12 Mahasiswa FEB UI Menang di ICAEW Indonesian Business Challenge 2023

Dua belas mahasiswa Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia berhasil memenangkan ICAEW Indonesian Business Challenge 2023 diselenggarakan oleh ICAEW yang diumumkan pada 31 Maret 2023.

ICAEW Indonesian Business Challenge merupakan sarana bagi para mahasiswa Akuntansi & Bisnis untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka sebagai calon pemimpin bisnis di masa depan, dengan memberikan solusi atas kasus bisnis yang relevan di hadapan dewan juri. IBC 2023 merupakan kompetisi tim, di mana 2 tim finalis akan berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ICAEW China and South-East Asia Business Challenge 2023.

Juara satu pada kompetisi ini adalah tim Gelora. Tim ini diketuai oleh Amary Lolom Bulan dan beranggotakan Deanna Peramesty Wijaya, Moh Daffa Aditya, Senna Sanguevara Sattvadharma, Delvionarosa Putri Salman, dan Najaa Aaliyah Santoso. Sedangkan yang menempati pada posisi juara dua adalah Tim Justice League yang diketuai oleh Caitlin Mathea dan beranggotakan Anastasia Yolanda, Devean, Gian Nathaniel, Grace Eva Rosana, dan Sofia Chandra. Ke 12 mahasiswa ini merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, program studi S1 Akuntansi Universitas Indonesia.

Pada saat kompetisi terdapat 15 tim peserta yang diberikan kasus dan berperan sebagai consulting team  yang harus mencari solusi dan memberikan rekomendasi terbaik untuk klien. Klien tersebut adalah sebuah start up yang ingin mengembangkan bisnisnya dan beranjak ke sustainable business (bisnis jangka Panjang). Ke dua tim ini harus mengindentifikasi SWOT perusahaan dan risiko utama yang sedang dihadapi serta bagaimana memitigasi risiko tersebut. Setelah proses tersebut dilakukan kedua tim ini memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisisnya.

Caitlin Mathea selaku ketua tim dari Justice League mengungkapkan bahwa tim mereka focus ke beberapa perspective seperti reputasi, keuangan, operasi, dan cyber. Ia juga mengungkapkan terdapat beragam tantangan selama menentukan jawaban, tantangan tersebut adalah menentukan solusi terbaik dari kasus yang diberikan. “Banyak sekali hal-hal detail yang perlu diperhatikan dari keinginan masing-masing pegawai kuncinya sampai cara bagaimana perusahaan tersebut mengakui pendapatannya. Banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan rekomendasi tersebut. Apalagi kita hanya memiliki waktu tiga hari untuk menstrukturisasi jawaban deck  kita setelah kasus tersebut dirilis oleh ICAEW. Kita harus mengerjakan siang hingga malam di kelas Departemen Akuntansi. Persiapan ini semuanya dilakukan untuk menjadi yang terbaik pada kompetisi dan presentasi”

Kedua tim ini akan berangkat ke Ho Chi Minh, Vietnam untuk melanjutkan perjuangan mereka pada ICAEW China and South-East Asia Business Challenge 2023 di bulan Mei 2023 nanti. Terdapat berbagai macam persiapan yang harus dilakukan seperti pengurusan administrasi paspor dan persiapan dalam segi substansi kompetisi. Mereka akan terus dibimbing oleh mentor-mentor terbaik dari dosen dan praktisi Departemen Akuntansi untuk dapat berjuang dan memenangkan kompetisi tersebut. Selamat berjuang Tim Gelora dan Tim Justice League!