Kunjungan Kerja Sama dengan Hitotsubashi University Jepang

(4/12/2015) Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, Dr. Ancella Anitawati Hermawan memenuhi undangan kunjungan ke Hitotsubashi University, Jepang. Didirikan pada tahun 1920 di Tokyo, Hitotsubashi University adalah universitas dengan spesialisasi ilmu sosial tertua di Jepang. Pengalaman dalam pengajaran dan penelitian mengantarkan Hitotsubashi University sebagai salah satu universitas terkemuka dalam bidang ekonomi dan bisnis dan secara konsisten menjadi salah satu universitas terbaik di Jepang.

Kunjungan dua hari tersebut diawali dengan kuliah umum dengan tema kondisi terkini dan prediksi perekonomian Indonesia serta keterkaitannya dengan pola konsumsi masyarakat Indonesia. Kuliah umum dihadiri oleh mahasiswa dan staf pengajar multidisiplin Hitotsubashi University. Dr. Ancella memaparkan bahwa Indonesia adalah negara dengan ekonomi yang kuat dan potensi pertumbuhan yang baik. Kekuatan ekonomi Indonesia terbukti dari kemampuannya menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki pertumbuhan ekonomi positif saat dan setelah krisis keuangan global pada tahun 2008. Konsumsi domestik yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya populasi usia produktif yang hidup pada tingkat pendapatan menengah menjadi faktor utama pendukung pertumbuhan ekonomi ini. Populasi kelas menengah diperkirkan bertambah sebanyak tujuh juta setiap tahunnya sebagai akibat dari beberapa faktor, antara lain akses pendidikan yang semakin baik dan ketersediaan lapangan kerja. Lanjutnya, populasi ini ditandai dengan karakteristik pola hidup konsumtif dan cenderung senang mencoba hal-hal baru. Karakteristik tersebut tentunya memberikan peluang yang luar biasa kepada pelaku bisnis, baik nasional maupun internasional yang menyasar segmen pasar tersebut.

Hari kedua kunjungan diisi dengan kegiatan eksperimen yang merupakan bagian yang penting dari proyek penelitian bersama antara Departemen Akuntansi FEB UI dengan Department of Commerce and Management Hitotsubashi University yang direncanakan untuk dipublikasikan pada tahun 2016. Eksperimen yang berlangsung selama enam jam tersebut melibatkan mahasiswa program MBA dan staf pengajar Hitotsubashi University serta praktisi dan bertema inovasi dalam bisnis. Eksperimen serupa akan dilaksanakan di Universitas Indonesia pada bulan Februari 2016.

Kuliah umum dan penelitian bersama ini merupakan implementasi kerja sama antara Universitas Indonesia dengan Hitotsubashi University yang nota kesepahamannya telah ditandatangani pada bulan Juli 2015. Selain berupa kuliah umum dan penelitian, kerja sama tersebut juga mencakup pertukaran pelajar dan staf pengajar dan peneliti. Kunjungan yang menjadi langkah awal implementasi kerja sama antara Universitas Indonesia dengan Hitotsubashi University ini diharapkan mampu memberikan warna pada pengajaran dan penelitian akuntansi di Indonesia.