Persentasi Ilmiah

Salah satu tahapan yang penting bagi seorang peneliti setelah melakukan penelitian adalah melakukan diseminasi hasil penelitian, sehingga manfaat dari penelitian bisa diketahui dan dirasakan oleh banyak pihak. Oleh karena itu, DoA sangat mendukung keikutsertaan staf pengajar pada ajang seminar/konferensi, baik di tingkat nasional maupun internasional. DoA juga berharap dengan keikutsertaan ini akan menambah pengalaman staf pengajar dan memperbanyak relasi dengan peneliti ataupun dosen dari perguruan tinggi lain, baik dari dalam maupun luar negeri.

Setiap tahun, staf pengajar DoA secara rutin mempresentasikan penelitiannya pada ajang tahunan nasional yang bergengsi di bidang akuntansi yaitu Simposium Nasional Akuntansi (SNA). Selain di SNA, staf pengajar DoA juga melakukan presentasi di beberapa seminar/konferensi yang lain, misalnya Simposium Riset Ekonomi, Konferensi Nasional Matematika, Seminar dan Kolokium Nasional Sistem Keuangan Islam maupun Research Day FEB UI.

Keikutsertaan staf pengajar dalam presentasi ilmiah tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Bahkan, apabila dilihat dari sisi jumlah presenter, staf pengajar yang menjadi presenter di konferensi/seminar internasional lebih banyak dibandingkan di dalam negeri, dengan tempat presentasi tersebar mulai dari Malaysia, Singapura, Australia, Thailand, Spanyol, dan Amerika. DoA secara konsisten juga mengirimkan wakilnya pada ajang konferensi internasional yang cukup bergengsi yaitu AAAA (Asian Academic Accounting Association) Conference dan Asean Pacific Conference (APC).

Jumlah presentasi ilmiah yang dilakukan oleh staf pengajar DoA mulai dari tahun 2006 sampai dengan 2012 terus mengalami kenaikan, terutama untuk presentasi pada seminar internasional. Hal ini sangat menggembirakan karena menunjukkan semakin meningkatnya keinginan dan kemauan dari para staf pengajar untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya.

© 2017 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia | Maintenance By : WH & IFW